Alasan Kenapa Lulusan Fresh Graduate Kesulitan Mendapatkan Lowongan Kerja Sesuai Bidangnya

Author: | Posted in Uncategorized No comments


Jika saya sama orang tua maupun teman, setleah lulus kuliah mau ngapain? Anda yang masih kulia atau sedang di semester akhir pasti pernah mendapatkan pertanyaan semacam itu.Apa jawaban Anda jika ditanya kelanjutan setelah lulus kuliah? Kalau saya sendiri juga masih bingung mau menjawab apa. Ada berbagai pilihan sebenarnya tetapi karena kurang keyakinan dan rasa percaya diri untuk mengungkapkannya. Kurangnya keyakinan dan rasa percaya diri mengungkapkan keberlanjutan setelah lulus kuliah dikarenakan belum mengenal kemampuan diri dan peluang ke depan. Terkadang dalam benak, terpikir apakah saya harus bekerja sesuai dengan bidang waktu kuliah? Jika tidak bekerja sesuai bidang skill apa yang harus saya miliki untuk bisa bersaing dengan para kompetitor dunia kerja. Dengan demikian sangat penting bagi mahasiswa yang mau lulu maupun sudah lulus untuk membekali diri dengan skill di luar bidangnya sehingga bisa siaga kemungkinan lowongan kerja yang ada. Perlu kita kethui bahwa ada beberapa alasan lulusan fresh graduate kesulitan mendapatkan lowongan kerja sesuai bidangnya.
pt multi nusa sakti
Kalau Anda termasuk lulusan fresh graduate yang mengalami kesulitan mendapatkan lowongan kerja sesuai bidangnya, simak beberpa alasan berikut.

  1. Pertama, mengabaikan kualifikasi

Kesulitan dalam mendapatkan lowongan kerja karenamengabaikan persyaratan yang telah ditentukan.

  1. Kedua, kurangnya pengalaman kerja

Banyak perusahaan maupun instansi dalam merekrut pegawai yang dicari yaitu selain dari kualifikasi terpenuhi juga memandang pengalaman kerja yang dimiliki. Karena seseorang yang sudah berpengalaman kerja dibidangnya, lalu memilih pindah di perusahaan lain maka dalam bekerjanya akan lebih terampil dan bagus dibandingkan yang belum punya pengalaman.

  1. Ketiga, Tidak ada nilai tambah

Nilai tambah disini yaitu pengalaman berorganisasi selama kuliah.Jika Anda memiliki ipk bagus tetapi pasif dalam berorganisasi maka Anda tidak memiliki nilai tambah.

  1. Keempat, terlalu kekeh dan selektif

Terlalau kekeh dan selektif dalam memilih lowongan kerja menyebabkan Anda sulit mendapatkan kerja.Karena banyak orang yang bekerja di luar bidangnya ketika kuliah.Jadi, apapun peluang kerja silakan di coba dan terus belajar jika belum bisa.
loker ijazah smp
Itulah beberapa alsan kenapa lulusan fresh graduate kesulitan mendapatkanlowongan kerja sesuai bidangnya.Janganlah hanay terpaku pada kemampuan dibidnag Anda. Gali dan kembangkan kemampuan lain untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan pernah menyerah dalam mencoba apapun semasih ada kesempatan.