Cara Membedakan Kelinci Rex Jantan dan Betina

Author: | Posted in Binatang No comments

Kelinci rex adalah satu diantara type kelinci peliharaan yang datang dari Perancis sekitaran th. 1919. Kelinci ini adalah kelinci dari keturunan liar yang ada di Perancis yang dengan cara tak berniat dikembangbiakan oleh seseorang petani yang ada di Paris. Lalu kelinci itu dikembangbiakan oleh seseorang pendeta serta diikutsertakan dalam satu pameran internasional serta pada akhirnya kelinci ini populer di Eropa. Kelinci ini mempunyai tanda-tanda seperti memiliki kepala yang semakin besar dibanding dengan kelinci yang lain, mempunyai telinga yang lebar serta tegak, umumnya warna kelinci yaitu hitam, biru, merah, putih, serta tricolor dan semakin banyak gabungan warna. Kelinci ini mempunyai bobot sekitaran 3, 6-5 kg untuk yang standard serta untuk yang mini mempunyai bobot sekitaran 1, 4-2 kg.

Kelinci Rex

kelinci rex

Diluar itu, sebagai kelinci hias kelinci ini dapat sebagai kelinci pedaging karna bobotnya yang termasuk cukuplah berat. Meskipun sebagai kelinci hias namun kelinci ini tak mempunyai bulu yang panjang serta lebat tetapi mempunyai bulu yang pendek serta halus seperti beludru merah yang elegan hingga kerap dikatakan sebagai kelinci karpet. Oleh karenanya, kelinci ini umum dimaksud kelinci rex karpet.

Perawatan kelinci umum dengan kelinci hias tak jauh tidak sama. Semuanya kelinci bakal tumbuh dengan baik bila di beri perawatan dengan maksimal serta teratur. Ada banyak hal yang perlu di perhatikan dalam perawatan kelinci terutama kelinci hias type rex ini. Beberapa hal yang butuh di perhatikan seperti janganlah mengangkat kelinci dari kupingnya, bila kelinci tengah memberontak jadi janganlah dijatuhkan dengan cara mendadak namun turunkan dengan pelan-pelan serta bebaskan dengan aman. Supaya terlepas dari cakaran kelinci, baiknya peganglah kelinci dengan memakai handuk atau kain yang lain yg tidak licin atau menggunting kuku kelinci terlebih dulu sebelumnya dipegang. Perlakukan kelinci dengan lembut serta yang paling akhir janganlah berikan makan kelinci sayuran basah hal semacam ini untuk hindari penyakit kulit.

Perawatan Kelinci Rex

Kelinci type ini bakal mempunyai bulu yang lebih tidak tipis bila diplihara ditempat dengan suhu rendah. Perawatan bulu kelinci ini cukup hanya menyisirnya satu bulan sekali karna kelinci ini bulunya sedikit rontok. Kelinci rex juga kelinci yang banyak di cari untuk dipelihara karna kelinci ini ramah hingga pas untuk jadikan hewan peliharaan meskipun dirumah banyak anak-anak.

Keunggulan Kelinci Rex

Kelinci type ini memiliki banyak keunggulan serta faedah hingga harga jual yang di tawarkan juga mahal dibanding dengan kelinci yang lain. Kelinci type ini bakal mahal jika telah beumur diatas 3 bln.. Kelinci yang telah berusia diatas 3 bln. mempunyai harga yang mahal karna harga untuk perwatan sepanjang kelinci berusia 3 bln. mahal serta kelinci yang dibuat juga kelinci dengan kwalitas yang bagus. Kelinci yang dengan kwalitas bagus ini memungkinan dapat diperkembang jadi kelinci hias serta bahkan juga dapat ikuti kontes kelinci nasional bahkan juga internasional.

Harga Kelinci Rex

Bila kelinci telah ikuti kontes nasional ataupun internaisonal bahkan juga bila miliki ketrampilan spesial seperti bisa menuruti omongan manusia, bisa berdiri, bisa berjabat tangan jadi harga yang di tawarkan semakin lebih mahal lagi. Kelinci type ini banyak juga di cari oleh pemeburu fashion baik didalam maupuan luar negeri umumnya untuk diijadikan tas, jaket, pakaian serta lain beberapaya. Harga ini bukan sekedar untuk kelinci rex saja namun juga untuk semuanya type kelinci. Kelinci rex termahal untuk sekarang ini untuk type yang standard yakni sekitaran Rp 300. 000, – hingga Rp 4. 000. 000, – ini untuk kelinci yang berusia diatas 3 bln..