Cara Penulisan Surat Lamaran Kerja

Author: | Posted in Pekerjaan No comments

Pekerjaan merupakan hal utama yang dicari orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Maka tak jarang orang yang memerlukan surat lamaran untuk melamar disebuah perusahaan atau instansi tertentu agar mereka diterima. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menulis lamaran yang baik.

Berikut adalah beberapa tata cara yang mungkin dapat membantu anda dalam membuat surat lamaran kerja.

1.    Gunakan kerta HVS warna putih ukuran A4 jika surat diketik. Serta gunakan kertas folio bergaris jika ditulis tangan. Namun, lebih disarankan untuk ditulis tangan, karena ketika anda menulis tangan, anda dinilai orang yang mau berkerja keras.
2.    Gunakan tinta hitam, karena warna hitam merupakan warna standar yang digunakan dalam kegiatan administrasi.
3.    Tunjukan rasa percaya diri, namun jangan terkesan sombong. Hindari surat yang meminta belas kasihan.
4.    Gunakan kaidah penulisan sesuai EYD. Misalnya pelamar menyebut diriya dengan kata saya (bukan kami) dan menyebut pimpinan perusahaan atau instansi dengan kata bapak / ibu (bukan saudara atau anda)
5.    Gunakan kata-kata yang mudah dipahami. Hindari kosa kata yang tidak diketahui secara umum sehingga tidak menimbulkan salah tafsir.
6.    Hindari mengirimkan surat hasil fotocopy karena hal ini dianggap tidak etis
7.    Sebelum surat dikirim, periksa kembali surat lamaran kerja anda, apakah sudah menggunakan ejaan, istilah, dan kata-kata yang tepat.
8.    Periksa juga kelengkapan surat yang lain, seperti daftar riwayat hidup dan lampiran pendukung lainnya.

Rekomendasi ketika menulis surat lamaran adalah percantik tulisan anda sebaik mungkin, karena bisa jadi dari surat tersebut menjadi penilaian utama karakter anda untuk posisi tertentu. Pada dasarnya tulisan anda juga merupakan cerminan dari kepribadian anda, jadi bisa jadi tulisan tangan anda menjadi perantara jalan kesuksesan anda. Telah banyak perusahaan yang menggunakan metode ini. Jadi, jangan pernah ragu untuk menulis sendiri surat lamaran anda. Karena surat lamaran juga menjadi acuan sebuah perusahaan atau instansi untuk menjaring pelamar yang memiliki keterampilan, kepribadian, dan keahlian yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Semoga beruntung.