Daya Tarik Musik Dangdut Lama

Author: | Posted in Hiburan No comments

Musik dangdut pastilah telah akrab di telinga kita. Bagaimana tidak? Jenis musik yang satu ini dapat dikatakan sebagai musik khas asli Indonesia. Musik dangdut lama mulai diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh beberapa musisi saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, musik dangdut lama juga mulai semakin berkembang dan menapaki popularitas sehingga dapat disejajarkan dengan jenis musik yang lain. Popularitas yang dimiliki oleh musik dangdut merupakan sebuah prestasi pencapaian yang sangat gemilang. Pencapaian itu membuat musik dangdut yang pada awalnya dicap sebagai musik kampungan, kini dapat disejajarkan dengan jenis musik lain yang telah lebih dulu populer. Kesuksesan yang dimiliki oleh musik dangdut ini tak lepas dari peran seorang musisi dangdut yang bernama Rhoma Irama, Rhoma Irama pun sendiri pada akhirnya dijuluki sebagai raja dangdut. Selain dari itu perkembangan musik dangdut juga diakibatkan oleh daya tarik khas yang hanya dimiliki oleh jenis musik yang satu ini.

Musik Dangdut Lama

Ada berbagai ciri khas musik dangdut. Salah satu diantaranya adalah musik dangdut lama memiliki nada dan irama yang khusus. Nada ini berasal dari sebuah alat musik yang bernama gendang. Ada dua jenis gendang yang digunakan, yaitu ada yang besar dan yang kecil. Masing-masing gendang menghasilkan nada yang berbeda pula. Cara menggunakan gendang adalah dengan cara dengan cara ditabuh atau dipukul dengan telapak tangan, sehingga menghasilkan nada unik yang bunyinya ‘Dang’ dan ‘Dut’. 2 bunyi inilah yang menjadi dasar penamaan musik yang satu ini. Gendang juga merupakan instrumen musik dangdut yang harus selalu hadir dalam setiap pertunjukannya. Dengan nada unik yang diciptakan oleh gendang, mampu mendorong siapa saja yang mendengar untuk ikut bergerak dan bergoyang. Hal ini menyebabkan musik dangdut sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh musik dangdut lama adalah cengkok penyanyinya yang khas. Cengkok merupakan cara yang harus digunakan untuk menyanyikan lagu dangdut. Cengkok dangdut sangatlah unik. Bunyi yang dihasilkan terdengar meliuk-liuk. Bunyi ini dihasilkan dengan teknik khusus yang tidak mudah untuk dipelajari. Jika Anda yang belum terbiasa melakukannya, maka akan terasa sangat sulit.

Ciri khas musik dangdut yang lain adalah lirik lagunya. Lirik lagu dangdut yang ada pada lagu dangdut biasanya sangat mudah dicerna dengan bahasa yang sangat sederhana. Lirik dangdut sebenarnya mengalami pergeseran di tahun 90-an. Lirik lagu populer pada masa itu didominasi oleh lirik yang menyerupai syair dengan kandungan banyak makna. Sedangkan lirik lagu terbaru yang muncul akhir-akhir ini lebih mengedepankan pada unsur jenaka dengan menggunakan berbagai istilah unik agar terkesan lebih menarik dan mudah diingat masyarakat.

Dengan berbagai daya tarik tersebut, saat ini musik dangdut tidak lagi dianggap sebagai musik kampungan, melainkan sudah menjadi sebuah trend masa kini. Apalagi kini tidak hanya sekedar bisa didengarkan saja, juga sudah banyak bermunculan video musik dangdut terbaru. Dan tidak lupa juga, kalau sekarang download musik dangdut gratis sudah banyak disediakan oleh website-website di dunia maya.