Dibalik Misteri Komplek Pemakaman Toraja

Author: | Posted in travel No comments

Kota Toraja terkenal dengan otentiknya budaya warisan para leluhur di sana. Masyarakat suku Toraja sangat menjaga kepercayaan yang telah dianutnya dan menjalankan tradisi serta ritual upacara adat secara periodik. Selain itu terdapat komplek pemakaman Toraja yang menjadi ciri khas dari wisata di Toraja. Beberapa tradisi yang mempercantik pemakaman dalam balutan penjagaan yang ekstra seperti tradisi Ma’nene, pemakaman Londa, upacara Rambu Solo dan lain sebagainya. Tempat yang digunakan pun suci dengan arsitektur seni yang menakjubkan seperti dinding relief batu, tebing batu, dan pohon Tarra.

Terdapat tradisi di mana dilakukan pembersihan peti jenazah dan mengganti pakaian jenazah setiap tiga tahun sekali yang disebut dengan tradisi Ma’nene. Tradisi ini hanya dilakukan oleh masyarakat Baruppu yang ada di pedalaman Toraja. Proses tradisi tersebut dimulai dengan dikeluarkannya peti jenazah leluhur kemudian pembacaan doa-doa bahasa Toraja kuno bersama dengan dikeluarkan mayat dari peti. Mayat dibersihkan, lalu diganti pakaiannya kemudian didandani dan berakhir dalam posisi di berdirikan tegak. Anehnya mayat tersebut bisa melangkah dan terus berjalan seiring dengan pembacaan doa dan mantra yang dibacakan oleh para tetuah tradisi. Inilah komplek pemakaman Toraja sebagai warisan budaya lokal suku Toraja yang masih lestari sampai sekarang ini exploretoraja.com.

Yang tak kalah unik dengan tradisi Ma’nene yaitu upacara Rambu Solo. Salah satu upacara yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk menyaksikan langsung. Upacara pemakaman bagi jenazah yang baru meninggal diberlakukan secara istimewa. Anggapan masyarakat Toraja bahwa orang yang baru meninggal sama seperti orang sakit yang harus dirawat sampai sembuh. Maka dari itu jenazah tersebut masih diberi makan, minum, dan kebiasaan lain yang yang digemari oleh mayat tersebut ketika masih hidup. Ketika berada di komplek pemakaman Toraja, suasana mistis kembali hadir. Namun dibalik tertibnya upacara ataupun ritual tersebut terdapat nilai budaya dan kepercayaan yang kental terhadap roh para leluhur. Sebagai generasi muda sudah seharusnya melestarikan kebudayaan lokal tersebut. Sungguh warisan bangsa yang menjadi ikon nusantara sampai ke penjuru dunia. Selamat menemukan ragam budaya tersembunyi di Tana Toraja.