Manfaat Beras Merah: dari Langsing Hingga Bebas Diabetes

Author: | Posted in Kesehatan No comments

Manfaat beras merah, dari langsing hingga bebas diabetes – Siapa yang tidak tahu beras merah? Makanan ini terbilang favorit baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Mungkin memang bagi sebagian orang juga beras merah ini agak sulit untuk di konsumsi karena biasanya ketika memakan jenis beras yang satu ini akan terasa seret atau sulit untuk ditelan. Dan juga banyak dari kalangan tertentu yang memang sengaja mengkonsumsi beras berah sebagai asupan karbohidratnya untuk mengurangi asupan kadar gula yang memang lebih kecil dari beras biasa.

Namun tahukah Anda? Jika di balik tubuh mungil dan ke-seret-an nya dari beras merah ini tersimpan sejuta manfaat yang sangat baik bagi tubuh baik organ dalam maupun organ luar Anda. Tidak percaya? Kami ulas selengkapnya dalam artikel ini. mari kita simak yuk.

Inilah manfaat beras merah, dari langsing hingga bebas diabetes

Manfaat Beras Merah: dari Langsing Hingga Bebas Diabetes

 

Turunkan risiko diabetes

Beras merah akhir-akhir ini menjadi makanan pengganti nasi bagi para penderita diabetes. Hal ini terbilang baik karena menurut penelitian yang dilakukan di Harvard ditemukan bahwa mengonsumsi beras merah setidaknya 2 porsi per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Secara khusus, mengonsumsi 50 gram beras merah per hari dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 16 persen.

Beras merah tinggi serat

Beras merah mengandung banyak sekali serat, asupan nutrisi yang sangat penting dalam pencegahan kanker usus besar dan kanker payudara. Selain itu, serat juga sangat baik dalam usaha menjaga kesehatan jantung. Nah, dalam satu setengah cangkir beras merah, terkandung 1,8 gram serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengelola berat badan ideal atau langsing

Para peneliti di Harvard menemukan bahwa menggabungkan konsumsi beras merah dengan biji-bijian dapat mengurangi berat badan dan mendapatkan tubuh yang langsing sesuai dengan keinginan Anda. Manfaat beras merah untuk melangsingkan tubuh ini dapat dirasakan dengan lebih maksimal hingga 50 % jika ditambahkan dengan biji-bijian.

Menurunkan kolesterol

Minyak yang terkandung dalam beras merah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah atau yang biasa disebut LDL. Tidak tanggung-tanggung, beras merah dapat mengurangi LDL hingga sebanyak 7%. Konsumsi beras merah dengan biji-bijian juga akan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

Menjaga kesehatan jantung

Bagi perempuan yang sudah menopause, beras merah memiliki khasiat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam hal ini, beras merah dapat difungsikan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa beras merah dapat mengurangi aterosklerosis pada wanita. Aterosklerosis adalah penumpukan plak yang terjadi di arteri, jika dibiarkan terus jalan darah ke jantung atau otak dan organ lainnya akan terganggu hingga dapat menyebabkan kematian mendadak akibat serangan jantung.

Mengurangi risiko asma pada anak-anak

Mengonsumsi beras merah sejak dini juga terbukti dapat mengurangi risiko asma pada anak-anak hingga 50 persen. Bahkan, manfaat beras merah satu ini telah mengalahkan manfaat buah dan sayur untuk asma, termasuk manfaat buah pisang. Selain beras merah, biji-bijian dan ikan juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit asma saat masih dalam usia anak-anak. Jadi, siap untuk mengonsumsi beras merah? Semoga bermanfaat.