Menengok Betapa Pentingnya Human Resource dan Payroll System Bagi Perusahaan

Author: | Posted in bisnis No comments

Setiap perusahaan pastinya memiliki payroll system dan human resource. Hanya saja memiliki bentuk yang berbeda-beda setiap perusahaannya. HR dan juga sistem penggajian sangat berkaitan erat bagi kelangsungan hidup karyawan. Ya, setiap karyawan pastinya menginginkan gaji yang sesuai dengan apa yang telah dikerjakan untuk perusahaan.

Antara HR dan payroll system tentu sangat berperan penting di dalam perusahaan. Dimana, tanpa adanya peran antara keduanya, maka perusahaan akan mengalami kualahan dalam mengelola Sumber Daya Manusia dan juga menghitung gaji karyawan.

Berikut akan dipaparkan betapa pentingnya peran dari HR dan Payroll system yang mungkin saja belum Anda sadari.

Menengok Betapa Pentingnya Human Resource dan Payroll System Bagi Perusahaan

Menengok Betapa Pentingnya Human Resource dan Payroll System Bagi Perusahaan

Pentingnya human resource dan payroll system bagi perusahaan

  1. Jantung dari perusahaan

    Tahukah Anda bahwa HR dan sistem penggajian merupakan sistem utama di dalam perusahaan? Ya, ini disebabkan karena keduanya mengatur keberlangsungan kerja karyawan. Selain itu, terdapat juga rekam jejak setiap karyawan mulai dari recruitment hingga pensiun yang dapat menggambarkan situasi perusahaan pada saat itu.

  2. Meningkatkan efektifitas kerja

    Dengan dilengkapinya HR dan payroll system, maka kerja dari HRD atau personalia jauh lebih efektif daripada sebelumnya. Terlebih jika metode penggajiannya sudah menggunakan software canggih yang banyak beredar saat ini, sudah barang tentu pekerjaan HRD menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

    Dengan adanya HR dan system penggajian ini, Anda akan lebih mudah dalam mencari informasi mengenai pegawai, karena dapat dicari secara otomatis tanpa harus mencari pada tumpukan berkas.

  3. Demografi karyawan

    Demografi karyawan seperti nama, tingkat pendidikan, jenis kelamin, usia, dan data lainnya dapat dilihat secara jelas dan cepat, sehingga rencana kerja dapat dengan mudah disusun. Terlebih lagi jika ada vacant position yang di adakan oleh perusahaan, pastinya akan sangat praktis untuk menemukan data karyawan dan menentukan mana yang pantas untuk diseleksi ataupun dipromosikan jabatannya.

  4. Rekam data pribadi dari karyawan

    Dalam HR dan payroll system sangat penting sekali untuk mencatat data pribadi karyawan secara benar. Data tersebut sangat bermanfaat untuk menentukan tunjungan dari perusahaan.

    Jadi terkait dengan tunjangan tersebut, maka harus diketahui secara jelas karyawan tersebut sudah menikah atau belum, sudah memiliki anak apa belum, dan berapa jumlah anak yang dimiliki agar perhitungan tunjangan dapat dilaksanakan secara adil dan benar.

  5. Memudahkan dalam sistem pelaporan kondisi karyawan serta perusahaan

    Dengan adanya sistem yang jelas, maka seorang HRD dapat melaporkan kondisi karyawan dan perusahaan dengan mudah kepada manager.

    Sebagai contoh, HRD melaporkan gaji yang telah diberikan kepada karyawan pada suatu periode kepada manager, sehingga seorang manajer dapat mempersiapkan anggaran untuk menggaji karyawan pada periode berikutnya. Termasuk juga untuk mempersiapkan tunjangan yang akan diberikan kepada masing-masing karyawan.

  6. Acuan untuk merencanakan pengembangan karir pegawai

    Data mengenai karyawan yang tersaji secara jelas dapat digunakan untuk menentukan rencana pengembangan karir. Dengan begitu Anda dapat melihat kemampuan dari setiap karyawan dan memudahkan Anda untuk menentukan siapa saja yang pantas untuk dinaikkan jabatannya dan juga menentukan siapa saja yang layak untuk mengikuti training.

    Jadi, Anda tidak akan salah sasaran, karena data yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tak ada yang perlu disangkal lagi bahwa Human Resource dan payroll system merupakan komponen yang sangat penting bagi perusahaan dan keberadaannya tidak dapat tergantikan. Tentu tidak hanya itu saja, perusahaan juga membutuhkan sistem yang lainnya seperti sistem keuangan, pemasaran, produk, dan lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan software hrd dan payroll, anda bisa mencoba Sleekr HR, silahkan kunjungi https://sleekr.co/hr/ untuk informasi lebih lanjut.