Rupiah Naik Tiga Poin

Author: | Posted in bisnis No comments

Laju Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta naik tiga poin jadi Rp13. 344 per dolar AS pada Jumat pagi.

 

Rupiah Naik Tiga Poin

Analis kurs bank ekonomi menyampaikan kalau sesudah pengumuman kenaikan suku bunga referensi The Federal Reserve, gerakan indeks dolar AS berbalik terkoreksi pada sebagian besar mata uang dunia termasuk juga rupiah.

” Nampaknya pelaku pasar merespons positif kebijakan The Fed bersamaan persepsi menyusutnya resiko ketidakpastian di pasar, ” tuturnya.

The Fed mengambil keputusan menambah suku bunga referensinya sebesar 0, 25 basis poin ke posisi 0, 75 hingga satu % dalam pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 14-15 Maret.

Diluar itu, ia meneruskan, kebijakan Tiongkok meningkatnya tingkat suku bunga periode pendek direspons dengan kenaikan Yuan, yang berimbas pada terapresiasinya beberapa mata uang lokasi Asia pada dolar AS, termasuk juga rupiah.

” Kami masihlah mengharapkan sentimen dari imbas kenaikan suku bunga The Fed masihlah bertahan hingga memberi peluang pada rupiah agar bisa meneruskan penguatannya lebih tinggi, ” tuturnya kepada http://kursdollar.co.id.

Sesaat dari dalam negeri, dia menerangkan, ketentuan Bank Indonesia untuk menjaga suku bunga referensi diinginkan ikut menolong penguatan kelanjutan rupiah.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mengambil keputusan untuk menjaga suku bunga referensi ” 7-Day Reverse Repo Rate ” sebesar 4, 75 %.

Bunga penyimpanan dana di BI (Deposit Facility) juga tetaplah empat %, dan juga bunga sarana penyediaan dana dari BI ke perbankan (Lending Facility) tetaplah jadi 5, 5 % mulai sejak 17 Maret.