Simak Pentingnya Memilih Hewan Kurban Sebelum Melaksanakan Kurban Agar Tidak Salah dalam Memilih

Author: | Posted in travel No comments

Idul Adha adalah moment yang paling ditunggu umat Islam untuk melaksanakan beberapa ibadah besar. Ibadah tersebut diantaranya adalah ibadah haji di tanah suci Mekkah dan ibadah kurban di negeri sendiri. Ibadah ke tanah suci tidak dapat dilakukan sekaligus karena memiliki daftar tunggu sesuai dengan kuota yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi, namun untuk ibadah kurban, Anda bisa melakukannya bahkan setiap tahun sekali.

Bagi Anda yang ingin berkurban tahun ini, maka sebaiknya sudah mulai melakukan survey-survey terhadap calon hewan ternak yang akan dibeli. Pentingnya memilih hewan kurban sebelum melaksanakan kurban adalah agar Anda tidak salah dalam membeli yang bisa mengakibatkan ibadah kurban anda tidak sah. Ada beberapa persyaratan dalam beribadah kurban yang sebelumnya juga harus Anda ketahui untuk bisa memilih hewan ternak. Persyaratan tersebut yaitu:

  1. Hewan kurban adalah hewan ternak seperti unta, sapi, domba dan kambing.
  2. Hewan kurban tidak boleh cacat dalam bentuk apapun termasuk jumlah tanduk dan kondisi telinga dan kondisinya sehat.
  3. Hewan kurban sudah cukup umur atau dewasa, dengan hitungan sebagai berikut:
  • Unta berusia minimal 5 tahun.
  • Sapi berusia minimal 2 tahun.
  • Domba berusia minimal 6 bulan.
  • Kambing berusia minimal 1 tahun.

Saat menjelang Idul Adha, pasti akan ada banyak penjual hewan ternak dadakan yang muncul disekitar Anda. Namun dalam memilih tempat pembelian hewan ternak juga tak boleh sembarangan agar hewan yang Anda dapatkan betul-betul sesuai dengan persyaratan syahnya ibadah. Pentingnya memilih tempat penjualan juga sama pentingnya dengan memilih hewan ternak itu sendiri. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca referensi sebelum membeli diĀ https://www.globalqurban.com/id/news/article/pentingnya-memilih-hewan-kurban-sebelum-melaksanakan-kurban.

Selain pemilihan hewan dan tempat penjualan, melakukan pemotongan sesuai waktunya juga merupakan syarat sah ibadah kurban. Serahkan hewan kurban Anda di malam sebelum Idul Adha pada panitia kurban agar bisa didaftar untuk mengalokasikan penyebaran daging. Niatkan menyembelih hewan kurban setelah sholat Idul Adha dan segera sembelih hewan kurban Anda agar sesuai dengan waktu yang diperintahkan.

Dengan berkurban, umat Islam bisa mengembangkan sifat solidaritas sesama manusia bahkan antar agama. Berkurban yang hanya dilakukan setahun sekali juga bisa meringankan pelaku ibadahnya karena bisa menabung untuk membeli hewan kurban nantinya. Pilihlah hewan kurban yang sehat dan dewasa untuk syarat sah berkurban. Hewan juga bisa dari peternakan Anda sendiri atau hewan peliharaan sendiri yang Anda beli ketika kecil dengan tujuan dibesarkan untuk disembelih pada Idul Adha tahun depan. Asalkan hewan tersebut adalah salah satu dari hewan ternak yang diperbolehkan maka sah saja melakukannya dengan tujuan meringankan biaya pembelian hewan ternak untuk bisa mengamalkan ibadah setahun sekali tersebut.