Tips gratis supaya pohon sengon bebas karat puru/tumor dan cepat besar

Author: | Posted in bisnis No comments

Tips gratis supaya pohon sengon bebas karat puru/tumor dan cepat besar

Bagi yang hobi menanam maupun usaha menanam untuk meningkatkan pendapatan ekonomi, sama dunk seperti saya…, semoga tips gratis kali ini bisa bermanfaat. Pada tahun 2008 yang lalu, alhamdulillah saya ada rizqi untuk membeli tanah kebun yang kira-kira seluas 1.500 m2. Pada mulanya tanah tersebut hampir-hampir tiada tanamannya , mayoritas hanya semak-semak sejenis paku-pakuan (kalo orang sini menamai semak tersebut “andam”). Hampir-hampir tak ada yang mau membeli itu tanah, habis gak ada tanaman ekonomisnya dan ternyata saya baru tau kalau tanahnya sedikit berbatu, kalau orang sini menyebutnya “tanah wadas”, alias tandus. Nah, kalau prinsip saya sih..tak ada tanah yang subur kalau kita tak mau merawatnya. Saya berencana menanami sengon laut (Paraserianthes falcataria). Sengon laut mau tidak mau memang masih menjadi primadona, walau akhir-akhir ini banyak terserang karat puru/tumor sengon jual bibit sengon solomon.

Karena selain pertumbuhan cepat sehingga cepat menghasilkan uang, untuk bahan bangunan juga cukup baik. Langkah yang saya lakukan adalah : 1. membabat habis semak-semak yang ada, sebagian dibakar, karena saking banyaknya, sebagian dipendam dalam tanah untuk pupuk. 2. kemudian tanah tsb kita pacul dan olah. Semak-semak dan rumput yang sudah kering, kita pendam dalam tanah, supaya busuk dan memperbaiki kandungan organik tanah. 3. Beberapa bulan kemudian, kira-kira 1-2 bulan, saya membuat lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. Jarak tanam saya buat tidak terlalu rapat sekitar 4 x 4 m/5m x 5m. Di dalam lubang tsb, saya memasukkan pupuk kandang kotoran ayam (kebetulan saya juga piara ayam) kira-kira 20-30 kg per lubang, saya kira semakin banyak semakin baik. Di tambah urea 100-200 gr, SP-36 100 gr, baiknya semprotkan juga EM4 pada lubang tsb untuk memperkaya kandungan mikroorganisme tanah.

Lalu tutup dengan sedikit tanah, asal menutup pupuk kimia tsb. Oya, pupuk kimia terpaksa saya taburkan, soalnya kandungan hara tanah tsb miskin sekali ditandai dengan tanaman yang ada sangat merana. 4. Kemudian diamkan lubang tanam tsb hingga terkena hujan dan cahaya matahari selama +- 1 bulan supaya pupuk tersebut nantinya siap diserap oleh akar tanaman. 5. Setelah musim hujan datang, mulailah saya menanam bibit sengon pada lubang yang telah saya buat. Nah, mulai disini timbul masalah, mengapa? Banyak bibit sengon yang terkena penyakit karat puru/tumor, wah payah juga deh. 6. Kemudian saya pangkas bagian tanaman sengon laut muda tsb yang terkena karat puru/tumor, lalu bekas pangkasa tsb saya obati/semprot dengan campuran belerang yang telah dihaluskan dengan pestisida merk “decis”.

Saya menyemprotkan ramuan ini ke bagian tanaman yang tadinya ketempelan karat puru seminggu sekali. Supaya karat puru/tumor hilang tuntas, sebaiknya semprot secara teratur 2-3 bulan tergantung intensitas serangan dan populasi karat puru di sekitar kebun kita. Alhamdulillah, 90 % hilang lho…itu penyakit. Insya ALLAH nanti secepatnya saya posting fotonya ya… 7. Nah, tahap selanjutnya setelah mengatasi karat puru, saya ingin mempercepat pertumbuhan sengon laut dengan cara saya memberi pupuk kandang ayam, kambing maupun kelinci 2 tahun sekali, minimal setahun sekali. Tambahkan saja 30-40 kg per pohon, semakin tua usia semakin banyak pupuk yang diberikan. Dengan caya yang saya lakukan, pertumbuhan pohon sengon cukup baik diatas tanah yang tadinya tandus. Tapi, break dulu ya…mau aktivitas dulu nih…maaf ya…nanti Insya ALLAH saya sambung lagi. Mari dilanjut…

Nah, untuk perawatan selanjutnya begini. Kita kan sudah tahu bahwa tanaman sengon laut mempunyai karakteristik khusus yaitu suka akan cahaya. Oleh karena itu untuk mencapai pertumbuhan optimal, maka sengon harus bebas dari tanaman yang menaungi. Jika ada tajuk tanaman lain yang menghalangi cahaya matahari, pangkas. Selain itu, bersihkan gulma liar di sekitar tanaman. Pupuk secara teratur dengan pupuk kandang, 2 kali setahun, diawal dan diakhir musim hujan. Jika ada ranting yang terkena karat puru/tumor, pangkas saja. Dan pangkasan tsb bakar/pendam dalam tanah. Prinsip yang berlaku untuk semua jenis tanaman : usahakan supaya tanaman sehat, diantaranya dengan memupuk secara teratur, paling baik menggunakan pupuk kandang yang telah diperkaya dengan “mikroorganisme baik” (misal EM4).

INGAT, tanaman yang sehat tidak akan mudah atau tahan terhadap serangan penyakit. Bahkan menurut pengalaman saya, pohon sengon yang sehat (berusia sekitar 3-4 tahun keatas), meski di beberapa ranting terkena karat puru/tumor, pertumbuhannya relatif tidak terganggu alias normal-normal saja. Bagaimanapun di desa saya, sengon masih menjadi primadona karena multi manfaat. Selain pertumbuhannya cepat, bagus untu bahan bangunan, untuk kayu bakar, bahan palet, bagus untuk menaungi tanaman kopi (tajuknya kekar dan daunnya sempit/kecil-kecil) dan akarnya mengandung Bakteri Rhizobium (bakteri penambat N) sehingga tanah disekitarnya relatif “subur”. Karena sederet manfaat inilah, saya rasa sampai saat ini belum ada tanaman lain yang mampu “mengalahkan” sengon laut.