Tips Hidup Sehat Agar Anda Bahagia

Author: | Posted in Kesehatan No comments

tips hidup sehatHidup sehat adalah dambaan setiap orang. Namun, mereka tidak melakukan gaya hidup yang benar dalam rangka mewujudkan dambaan itu sendiri. Karena gaya hidup seseorang menjadi faktor utama untuk mewujudkan kesehatan seseorang mulai itu dari hal-hal kecil sampai dengan hal besar. Saking mempengaruhinya dengan kesehatan, kebanyakan orang rela akan merubah pola gaya hidup mereka kearah yang lebih baik ketika telah terjadi sesuatu hal pada kesehatan tubuh mereka. Untuk itu banyak orang mulai mencari informasi mengenai tips hidup sehat. Walaupun sebenarnya tanpa tips secara alami seseorang sejak kecil sudah di terapkan pola dan cara hidup sehat oleh orang tua namun, secara perlahan mulai menghilang karena adanya kesibukan dalam kesehari-harian mereka. Selain dari orang tua, secara tidak langsung ketika pemeriksaan saat sakit, medis sering memberikan arahan untuk pola hidup sehat.

Dari gambaran kehidupan di atas, kesehatan menjadi salah satu point yang sangat penting dalam hidup karena merupakan anugerah yang tak ternilai harganya tapi, masih saja ada yang tidak menjaga dan mensyukurinya. Berikut adalah tips hidup sehat yang tidaklah susah, sederhana dan mudah saja untuk dilakukan karena berawal dari kebiasaan kecil sehari-hari tubuh :

  1. Duduk Saat Makan Dan Minum

Saat sedang makan atau minum selalu duduk. Secara medis terungkap bahwa rongga dalam sistem pencernaan (perut) akan berbeda bila seseorang dalam keadaan posisi berdiri. Saat seseorang dalam posisi duduk, rongga di sistem pencernaannya menjadi terbuka sehingga saat makanan atau minuman ditelan maka sistem pencernaan tubuh siap menerimanya. Ketika pencernaan makanan siap menerima maka tidak ada paksaan dari tubuh agar sistem pencernaan tersebut bekerja secara keras.

  1. Rajin Melakukan Puasa

Secara kesehatan fisik, puasa akan mengontrol jumlah makanan dan minuman dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tidak berlebih dengan demikian maka kinerja organ pencernaan pun akan berjalan seimbang.

  1. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Tangan kanan yang bergerak pada waktu makan syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif. Hal ini berfungsi untuk melatih dan menjaga otak kiri menghasilkan pikiran yang tetap fokus dan selalu aktif.

  1. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Secara medis hal ini ampuh dalam hal memelihara kesehatan organ pencernaan tubuh terutama lambung, dimana saat makanan dan minuman masuk secara berlebih maka organ perncernaan akan bekerja sangat keras untuk mencerna itu semua hal ini justru akan melemahkan kinerja sistem pencernaan tubuh dan akan menimbulkan penyakit dan gangguang kesehatan lainnya.

 

Selain dari segi makanan dan cara memakannya Anda harus menjalaian tips hidup sehat yang satu ini. Yaitu hirup Udara Bersih (Biasakan diri untuk bangun di pagi hari, lalu bukalah jendela atau buka pintu dan menarik napas pelan-pelan secara mendalam. Udara pagi merupakan udara yang sangat baik bagi tubuh andakarena bisa membersihkan paru-paru dan memberikan udara segar lalu menyerap oksigen yang sehat untuk disalurkan ke otak anda.), Minum Air Putih (Sangat disarankan anda mengkonsumsi minimal 8 gelas perhari, sebab air putih sangat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, yakni menetralisir racun di dalam tubuh anda, sehingga tubuh dapat lebih terasa segar dan sehat.) terakhir adalah Seimbangkan waktu Istirahat Tubuh karena sudah hukum alam, tubuh sangat perlu untuk beristirahat secara cukup.

Untuk mempunyai badan sehat anda selalu harus mengeluarkan biaya yang banyak. Namun kenyataannya, banyak orang yang rela menghabiskan uang yang banyak hanya untuk menjaga kesehatan dan penampilan tubuhnya. Bagi anda yang tidak ingin menghabiskan banyak biaya, segeralah lakukan tips hidup sehat mulai dari yang paling sederhana dan yang paling penting, mulailah dari sekarang!