Titik Nol Kilometer, Spot Unik Di Jogjakarta

Author: | Posted in travel No comments

Titik Nol Kilometer merupakan jantungnya kota jogja, dari sinilah dimulainya segala kisah tentang jogja. Tepat di titik nol kilometer ini kita bisa melihat kota jogja secara utuh. Jogja yang selalu dihati bagi semua orang. Jogja yang terus berkembang namun masih mempertahankan lokalitas. Jogja yang tak pernah abis – abisnya untuk dibuat cerita bagi siapa saja.

Dipersimpangan jl. ahmad dahlan Yogyakarta banyak berdiri bangunan – bangunan tua yang bergaya eropa.  Dikala sore hari goresan cahaya yang terpancar dari bangunan tua tersebut menambah romantisnya suasana jogja. Bangunan – bangunan tersebut begitu klasik dan masih berdiri kokoh meskipun sudah mengalami revitalisasi, tetapi sama sekali tidak menghilangkan sejarah yang tersimpan didalm bangunan tersebut. Bangunan tersebut menjadi iconnya titik nol kilometer Yogyakarta.

Titik nol kilometer

Di titik nol kilometer inilah pusat perekonomian jogja dimulai dari pagi sampai ketemu pagi lagi. Kawasan titik nol kilometer memang selalu ramai, lalu lalang kendaraan menambah hiru pikuknya kota jogja. Meskipun kawasan ini terkenal macetnya tak menyurutkan para wisatawan untuk selalu datang kembali menghabiskan masa liburan. Titik nol kilometer merupakan denyut nadinya Jogjakarta.

Saat kita menginjakkaan kaki kita dikawasan titik nol kilometer, bangunan – bangunan tua ini akan membawamu ke jogja pada masa lampau. Titik nol kilometer merupakan tempat bersejarah dan tempat penting dari dulu sampai sekarang. Bangunan – bangunan yang bersejarah dengan bergaya art deco menjadi landmark, seperti gedung Bank Indonesia dan gedung Kantor Pos Besar.

Tepat diseberang jalan gedung kantor pos indonesia berdiri sebuah monumen serangan 1 maret yang sekarang dijadikan tempat pargelaran seni dan budaya. Disebelah monumen serangan 1 maret terdapat sebuah museum besar yang menyimpan kenangan sejarah jogja dimasa lampau yaitu musem benteng vredenburg. Dan diseberang jalan museum beteng vredenbug namapak ke istanaan kepresidenan gedung agung.Keistanaan keprisidenan gedung agung dahulu sebagai tempat ibu kotanya Indonesia, sebelum ibu kota dipindah ke jakarta. Namun apabila presiden Ri ada kunjungan kerja ke jogjakarta maka beliau akan tinggal di istana gedung agung.

Kawasan titik nol kilometer merupakan denyut nadinya jogjakarta. Tempatnya yang nyaman tak salah apabila kawasan titik nol kilometer ini tidak pernah sepi. Saat sore menjelang malam banyak kaula muda memadati kawasan ini. Kawasan titik nol kilometer ini juga dijadikan tempat nongkrong kaula anak – anak muda, para seniman, penyanyi jalanan sebagi penghibur dimlam hari dan tempat selfi para wisatawan.

Titik nol kilometer Yogyakarta tepat berada di pusat kota Jogjakarta yang tak jauh dari jl. malioboro. Kawasan titik nol kilometer berada di antara jl. A. Yani, jl. KH Ahmad dahlan,  jl. Panembahan Senopati, dan ruas jalan menuju alun – alun utara ( Keraton Yogyakarta).

Bagaimana, keren kan salah satu spot di kota jogjakarta ini? yuk pilih paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com