Uniknya Kurma Mozafati yang Perlu Kamu Ketahui

Author: | Posted in Food No comments

jual kurma ajwa
Buah kurma memiliki jenis hingga ratusan di seluruh dunia. Tersebar di daerah Arab Saudi, Iran, Irak, California, bahkan Amerika. Kebanyakan kurma berasal dari Arab Saudi. Karena di daerah inilah kurma sudah eksis dari zaman nabi sampai sekarang ini. Penjualan kurma juga sudah mendunia. Tidak heran banyak orang yang mulai berbisnis kurma.

Salah satu jenis kurma yang wajib kamu ketahui adalah kurma mozafati. Kurma ini berasal dari daerah mozafati, Iran sesuai dengan namanya. Kurma mozafati juga dikenal dengan kurma bam atau kurma anggur. Di negara asalnya, kurma mozafati terbilang salah satu buah yang paling lezat. Karena memiliki rasa yang unik dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Pada mulanya, kurma mozafati hanya di tanam di daerah Bandar Bam, wilayah Kerman. Lalu menyebar kebagian Iran selatan, yaitu Jirof, Kahnuj, Saravan, dan Iransharhr. Penyebaran ini mulai dikenal ke seluruh negara terutama di Eropa.

Penjualan kurma terbanyak ada di Inggris, Swedia, Denmark, Jerman, Kanada, pesisir teluk Persia, Australia dan Negara-negara Asia Timur. Hal ini membuat penjualan kurma mozafati dapat melonjak tinggi. Kurma ini hanya di jumpai saat bulan Ramadhan saja. Di hari-hari biasa kura mozafati susah berbuah.

Kurma mozafati memiliki memiliki tekstur yang lembut seperti kurma muda. Rasanya tidak terlalu manis dan dagingnya terasa empuk. Memiliki warna cokelat gelap dan berukuran sedang, hampir mirip kurma ajwa. Kurma ini mampu bertahan sampai 2 tahun jika disimpan dengan suhu minus 5 derajat celcius. Jenis kurma inipun bisa dibeli di pusat grosir yang jual kurma ajwa di tanah abang.

Kurma mozafati yang kering dapat dimakan dalam bentuk mentah, atau dapat diisi, atau dicincang untuk digunakan dalam bijirin, puding, roti, kek, kuih, ais krim dan bar gula-gula. Karena penjualan kurma mozafati yang begitu tinggi, kurma ini lebih banyak dibuat menjadi kiub, pes, lepa, serbuk (gula kurma) jem, jeli, jus, sirup, cuka dan alkohol.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kurma mozafati adalah bisa menurunkan resiko terserangan stroke. Karena kurma mengandung zat kalium yang tinggi. Kurma juga mengandung zat mineral yang baik untuk kesehatan jantung kita serta membantu mengatur tekanan darah. Makanan yang mengandung kalium terbukti mampu mencegah terserang stroke.

Dengan keunikan rasanya, penjualan kurma mozafati dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Tidak rugi Anda berbisnis dengan kurma jenis yang satu ini.